User Tools

Site Tools


cerita:Banyak.Membaca.Makin.Bodoh

Banyak Membaca Makin Bodoh

Published on Saturday, 23 June 2012 14:06
Written by Samsul Ma'arif

Belakangan sesekali aku mengoceh di twitter, atau membaca ocehan orang lain tentang ini. "Makin banyak membaca, makin sering kita membaca, kita akan merasa semakin bodoh." Aku tahu tidak semua orang akan memiliki pandangan yang sama. Maka, jangan menilai dulu pandangan saya seperti apa, salah atau benar. Tapi setidaknya kita memiliki pandangan atas pikiran kita masing-masing. Atau pandangan atas pemikiran orang lain.

Banyak membaca makin bodoh hanyalah salah satu yang dapat saya rasakan. Dengan membaca, klita akan semakin tahu bahwa sebenarnya ilmu kita sangatlah dangkal. Masih ada langit di atas langi. Masih ada orang yang lebih "sakti" dari kita. Dan masih banyak ilmu yang belum kita pelajari.

Dengan membaca, kita akan tahu bahwa ilmu Alloh tidak akan pernah habis meskipun pohon-pohon di hutan dijadikan pena dan air lautan dijadikan tintanya. Ilmu dari Alloh itu tak ada batasnya. Begitulah singkatnya.

Semakin banyak yang kubaca, seringkali aku malah bingung. Bingung memilih buku mana yang hendak aku baca, bingung akan fokus ke mana. Seringkali karena tidak bisa fokus aku kesulitan memahami suatu topik. Jangan kaget, yang sedang Anda baca bukanlah kata-kata bijak. Namun hanyalah cerita yang dapat aku torehkan. Aku bukanlah sastrawan maupun wartawan, aku hanyalah seorang yang sedang ingin menulis, mengungkapkan apa yang ada dalam pikiranku. arrrhh… aku seringkali keluar dari topik saat menulis. Bahkan paragraf ini sudah tidak 'suci' lagi. Kalau Anda bosan membaca tulisan saya, silahkan tutup halaman ini. Kalau Anda enjoy, silahkan lanjutkan.

Sejak SMA aku sudah mulai merasa suka membaca. Membaca sastra adalah salah satu favoritku. Salah banyak buku yang aku baca adalah majalah Horison. Majalah ini adalah majalah yang hanya berisi tentang cerita-cerita fiksi, berupa puisi, prosa, essay, dan cerpen. Ada juga rubrik yang memuat puisi maupun cerpen karya anak-anak sekolah yang kemudian dibahas atau diulas oleh sastrawan terkenal. Ya, aku suka sekali membacanya. Tapi satu hal, meskipun aku telah membaca puluhan edisi dari Majalah Horison, aku masih tetap kesulitan untuk membuat (baca : berkarya) tulisan sastra, baik berupa puisi maupun prosa, apalagi cerpen. Entahlah, mungkin aku hanya hobi membaca namun tidak bakat menulis. Itulah kenyataannya.

Sekarang ini, buku-buku bacaan favoritku adalah yang berkaitan dengan GNU/Linux. Baik itu berupa tutorial, buku manual, maupun berupa tulisan-tulisan temen-temen blogger yang memiliki minat yang sama denganku yaitu di bidang GNU/Linux. I don't know, i just did, i just love it.

cerita/Banyak.Membaca.Makin.Bodoh.txt · Terakhir diubah: 19/05/2013 15:28 oleh samsul