User Tools

Site Tools


kuliah:dasar-teknologi-telematika:sejarah-televisi-2

Saluran TV Indonesia

Kemajuan teknologi dan kebebasan pers telah membawa dunia TV Indonesia melangkah lebih maju. Hal ini ditandai dengan banyaknya stasiun televisi di Indonesia, baik stasiun televisi milik pemerintah maupun stasiun televisi swasta. Sejarah TV Indonesia dimulai pada 1962 dengan berdirinya stasiun televisi pertama milik pemerintah, yaitu TVRI.

Sejak 1962 hingga 1989 atau selama 17 tahun, masyarakat Indonesia hanya dapat menyaksikan satu saluran televisi. Namun, pada 1989, pemerintah memberikan izin untuk mengudara pada RCTI sebagai TV Indonesia swasta pertama di Indonesia. Pada awal mengudara, saluran RCTI hanya bisa diterima oleh antena parabola atau dekorder. Akhirnya, pada 1992, RCTI sudah bisa dinikmati oleh masyarakat banyak menggunakan antene biasa.

Seperti apa perkembangan TV Indonesia dar awal kemunculannya hingga saat ini? Berikut ini penulis akan membahas beberapa stasiun TV Indonesia.

Stasiun TV Indonesia ada 2, yaitu TV berlangganan (berbayar) dan TV free to air (gratis). Saluran TV free to air merupakan stasiun TV yang salurannya dapat ditangkap dengan menggunakan antena UHF/VHF. Berikut ini stasiun TV Indonesia yang dapat ditangkap dengan menggunakan antena UHF dan stasiun TV Indonesia berlangganan.

TV Indonesia, Free to Air

Berikut ini adalah beberapa saluran TV Indonesia yang bisa dinikmati oleh khalayak ramai tanpa harus mengeluarkan biaya berlangganan sedikit pun.

1. TV Indonesia - TVRI

TVRI merupakan singkatan dari Televisi Republik Indonesia. Stasiun televisi pertama di Indonesia yang berdiri pada 23 Agustus 1962 ini milik pemerintah. Siaran perdana TVRI menayangkan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 dari Istana Negara, Jakarta. Pada awal mengudara, siaran TVRI masih hitam putih.

Sejak awal berdiri sampai 1989, TVRI memonopoli dunia pertelevisian di Indonesia. Akhirnya, monopoli TVRI dalam siaran televisi Indonesia berakhir pada 1989 setelah berdirinya stasiun televisi swasta pertama di Jakarta, yaitu RCTI.

2. TV Indonesia - RCTI

RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) merupakan stasiun televisi swasta pertama di Indonesia yang berdiri pada 24 Agustus 1989. Pada awal berdirinya, siaran RCTI hanya dapat diterima menggunakan antena parabola atau dengan menggunakan dekorder. Pada 1990, RCTI mendapatkan izin dari pemerintah untuk melaksanakan siaran secara nasional. Sejak 2003, RCTI dimiliki oleh Media Nusantara Citra (MNC). MNC adalah sebuah grup media yang juga memiliki Global TV dan MNC TV (dulu TPI).

3. TV Indonesia - SCTV

SCTV (Surya Citra Televisi) merupakan sebuah stasiun televisi swasta kedua di Indonesia. Pada awal berdirinya, SCTV berkantor pusat di Surabaya. Awalnya, stasiun yang pertama kali mengudara pada 24 Agustus 1990 di Surabaya hanya berskala lokal. Namun, pada 1 Januari 1993, SCTV mengudara secara nasional. Saat ini, kepemilikan SCTV berada dalam genggaman grup Elang Mahkota Teknologi melalui anak perusahaannya Surya Citra Media.

4. TV Indonesia - Indosiar

Indosiar adalah salah satu stasiun televisi swasta nasional di Indonesia. Pada awal berdirinya, Indosiar dikuasai oleh Grup Salim melalui PT Indosiar Karya Media Tbk. Namun, pada 13 Mei 2011, mayoritas saham PT Indosiar Karya Media Tbk dibeli oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, pemilik SCTV. Dengan pembelian saham Indosiar oleh penguasa SCTV, menjadikan kedua stasiun televisi tersebut berada dalam satu pengendalian.

5. TV Indonesia - ANTV

ANTV (Andalas Televisi) adalah suatu stasiun televisi swasta nasional Indonesia. Saat ini, ANTV dimiliki oleh konglomerat muda Anindya Bakrie, anak dari Abu Rizal Bakrie. ANTV didirikan pada 1 Januari 1993 sebagai stasiun televisi lokal di Lampung. Akhirnya, pada 18 Januari 1993, ANTV mendapatkan izin untuk melakukan siaran nasional sebagai TV Indonesia.

6. TV Indonesia - Metro TV

Metro TV berdiri pada 25 November 2000 di Jakarta. Metro TV dikelola oleh PT Media Televisi Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Media Grup, suatu kelompok usaha yang dipimpin Surya paloh. Metro TV merupakan TV Indonesia yang memfokuskan pada berita dan pengetahuan umum.

7. TV Indonesia - Global TV

Global TV diluncurkan pada 5 Oktober 2002 di Jakarta dan dimiliki oleh Media Nusantara Citra (MNC), kelompok perusahaan media yang juga memiliki RCTI dan MNCTV. Awalnya, Global TV merupakan stasiun TV lokal di Jakarta. Namun akhirnya, Global TV dapat mengudara secara nasional.

8. TV Indonesia - MNCTV

MNCTV (dahulu bernama TPI) adalah stasiun televisi swasta Indonesia yang mengudara pada 23 Januari dengan TPI. Namun, nama TPI tidak mewakili acara yang disiarkannya. Akhirnya pada 20 Oktober 2010, TPI berubah nama menjadi MNCTV. MNCTV berada dalam grup Media Nusantara Citra (MNC).

9. TV Indonesia - Trans TV

Trans TV resmi mengudara pada 15 Desember 2001. Kepemilikan stasiun TV Indonesia ini berada dalam genggaman PT Trans Corpora yang dimiliki oleh pengusaha Chairul Tanjung. Stasiun TV ini memfokuskan pada acara hiburan. Meskipun masih terhitung muda, Trans TV sudah berhasil menarik pemirsa yang cukup banyak.

10. TV Indonesia - Trans7

Trans7 dulunya bernama TV7. Saat bernama TV7, stasiun TV ini berdiri pada 22 Maret 2000. Setelah beralih kepemilikan ke tangan PT Trans Corpora, stasiun TV ini berubah nama menjadi Trans7 yang diluncurkan pada 15 Desember 2006.

11. TV Indonesia - tvOne

tvOne dulunya bernama Lativi. Pertama kali stasiun TV ini didirikan pada 9 Agustus 2002 oleh pengusaha Abdul Latief. Namun, sejak 2006, Grup Bakrie membeli stasiun TV tersebut dan mengubah namanya menjadi tvOne.

TV Indonesia, Stasiun Televisi Berlangganan di Indonesia

Di samping siaran yang bisa dinikmati secara gratis, ada juga siaran TV Indonesia yang hanya nisa disaksikan setelah membayar sejumlah uang untuk biaya berlangganan. berikut adalah contoh TV Indonesia yang berbayar.

1. TV Indonesia Berbayar - Aora TV

Aora TV merupakan salah satu stasiun televisi satelit berlangganan di Indonesia. Stasiun televisi berlangganan ini berada dalam naungan PT Karya Megah Adijaya. Aora TV rilis pada 8 Agustus 2008 di Jakarta. Aora TV menawarkan produk pertamanya, yaitu paket perdana terbatas Olimpiade Beijing 2008. Paket perdana tersebut terdiri atas 10 kanal yang terbagi menjadi 3 kanal lokal dan 7 kanal internasional.

2. TV Indonesia Berbayar - Indovision

Indovision merupakan salah satu TV Indonesia berbasis stasiun televisi satelit berlangganan di Indonesia yang diselenggarakan oleh PT. MNC Sky Vision. Saat ini, Indovision memberikan layanan pendistribusian tayangan saluran-saluran televisi berlangganan lokal dan mancanegara yang disajikan secara optimal kepada para pelanggan di Indonesia dengan menggunakan dekorder dan antena parabola mini.

Layanan televisi internasional seperti HBO, ESPN, Discovery Channel, Cartoon Network, dan CNN International News dapat dinikmati pelanggan Indovision. Selain itu, pelanggan Indovision pun dapat menikmati televisi berlangganan lokal seperti MNC News dan MNC Entertaiment.

3. TV Indonesia Berbayar - TelkomVision

TelkomVision merupakan salah satu TV Indonesia yang dapat diakses secara berlangganan di Indonesia. TelkomVision termasuk anak perusahaan PT Telkom. Saat ini, TelkomVision memberikan layanan jasa berupa televisi kabel dan televisi satelit. Dengan TelkomVision, pelanggan dimanjakan dengan berbagai stasiun televisi internasional dengan berbagai genre, seperti HBO, ESPN, Star Movies, Cartoon Network, BBC World, dan lain sebagainya.

Sumber : http://www.anneahira.com/tv-indonesia.htm

kuliah/dasar-teknologi-telematika/sejarah-televisi-2.txt · Terakhir diubah: 18/04/2013 21:46 oleh samsul