Install Inkscape di Slackware 14.1

Salah satu tantangan bagi saya (dan bagi siapa pun tentunya: slacker1)) ketika menggunakan Slackware adalah menginstall aplikasi yang belum tersedia secara default. Misalnya kali ini yang akan saya bahas adalah Inkscape. Sebelumnya ketika masih menggunakan Slackware 13.37 saya telah menyerah karena begitu banyak ketergantungan yang dibutuhkan Inkscape. Tapi kali ini, setelah saya install ulang dengan 14.1 (64 bit) saya kembali mencoba.

Menginstall aplikasi tanpa manajer paket memang melelahkan. Kita diharuskan mencari sendiri paket-paket atau pustaka yang dibutuhkan. Secara tradisional, jika kita menginstall aplikasi dari sumber (baca: kode sumber atau source code) kita harus memeriksa dulu apa kebutuhannya. Yaitu berupa paket-paket dan pustaka yang diperlukan sebelum aplikasi teserbut diinstall. Namun karena saya termasuk orang yang malah untuk melakukan hal-hal tersebut, biasanya saya akan langsung ./configure2). Kemudian menunggu, apakah ada pesan error yang ditampilkan berupa kebutuhan pustaka yang perlu diinstall. Tanpa saya sadari sebelumnya, ternyata hal ini justru membuang lebih banyak waktu. Saya harus mengulang-ulang beberapa prosedur instalasi.

Saya pikir, keputusan yang tepat buat saya melakukan Upgrade atau install ulang slackware dengan versi 14.1 ini. Banyak aplikasi-aplikasi yang yang pada versi sebelumnya belum disertakan –sejauh yang saya pahami– kini telah disertakan, misalnya: htop, moc, NetworkManager, dll. Tentu saja, setiap rilis versi baru Slackware (dan GNU/Linux pada umumnya) akan hadir dengan kemampuan, fitur, dan teknologi terbaru. Sepertinya sudah cukup basa-basinya. Selanjutnya –

Sebelum memulai, perhatikan bahwa kondisi sebelum saya menginstall ini adalah : saya baru saja melakukan Full Install Slackware64 14.1. Jika Anda memiliki kondisi atau melakukan proses instalasi yang berbeda silahkan menyesuaikan.

<WRAP center round important 60%> PERINGATAN!
Sekali lagi, prosedur –link di bawah– ini saya gunakan untuk menginstall Inkscape untuk Slackware dengan arsitektur 64 bit. Jika Slackware Anda bukan dengan arsitektur tersebut, silahkan cari pustaka dan linknya sendiri. (Usaha dikit, hihihihi….) </WRAP>

Selanjutnya install paket-paket tersebut dengan perintah :

# upgradepkg --install-new namapaket-versi.txz

Instalasinya tidak harus berurutan, namun inkscape tidak akan dapat dijalankan sebelum semua pustaka yang dibutuhkan terinstall dengan baik.

Perhatikan, pada daftar di atas paket libgiomm-2_4-1-2.38.0-6.1.x86_64.rpm adalah paket dengan tipe RPM. Kita harus mengonversi paket tersebut menjadi paket yang kompatibel dengan sistem paket Slackware.

$ rpm2tgz libgiomm-2_4-1-2.38.0-6.1.x86_64.rpm

Output perintah tersebut di mesin saya :

Slackware package maker, version 3.14159.

Searching for symbolic links:
usr/lib64/libgiomm-2.4.so.1 -> libgiomm-2.4.so.1.3.0

Making symbolic link creation script:
( cd usr/lib64 ; rm -rf libgiomm-2.4.so.1 )
( cd usr/lib64 ; ln -sf libgiomm-2.4.so.1.3.0 libgiomm-2.4.so.1 )

It is recommended that you make these lines your new installation script.

Would you like to make this stuff the install script for this package
and remove the symbolic links ([y]es, [n]o)? y


Removing symbolic links:
removed './usr/lib64/libgiomm-2.4.so.1'

Creating your new ./install/doinst.sh...

This next step is optional - you can set the directories in your package
to some sane permissions. If any of the directories in your package have
special permissions, then DO NOT reset them here!

Would you like to reset all directory permissions to 755 (drwxr-xr-x) and
directory ownerships to root.root ([y]es, [n]o)? n

Creating Slackware package:  /mnt/home/samsul/Unduhan/Linux/Source/slackware-pkg/inkscape-pkg/libgiomm-2_4-1-2.38.0-6.1.x86_64.tgz

./
install/
install/doinst.sh
usr/
usr/lib64/
usr/lib64/libgiomm-2.4.so.1.3.0

Slackware package /mnt/home/samsul/Unduhan/Linux/Source/slackware-pkg/inkscape-pkg/libgiomm-2_4-1-2.38.0-6.1.x86_64.tgz created.

Nampak pada output perintah tersebut, libgiomm-2_4-1-2.38.0-6.1.x86_64.tgz merupakan hasil konversi paket. Kemudian install :

# upgradepkg --install-new libgiomm-2_4-1-2.38.0-6.1.x86_64.tgz

Terakhir, install paket utamanya :

# upgradepkg --install-new inkscape-0.48.4-x86_64-1gv.txz

Setelah semua pustaka dan paket utama telah terinstall, kita tinggal menikmati hasilnya. :P Eiits, kalau ada yang tertinggal atau inkscape belum dapat dijalankan melalui menu. Coba jalankan dulu melalui terminal, dan perhatikan peran errornya.

Nah, pada saat pada saat saya menginstall ini, sedang login dengan lingkungan dektop XFCE. Jadi tinggal klik Applications Menu –> Graphics –> Inkscape. Berikut tangkapan Inkscape yang terinstall di Slackware saya :


1)
Istilah untuk menyebut pengguna Slackware
2)
Perintah untuk mengompilasi kode sumber aplikasi, silahkan baca README atau INSTALL pada setiap paket yang akan Anda install.
  • linux/Install.Inkscape.di.Slackware.14.1
  • Terakhir diubah: 5 bulan yang lalu
  • (Perubahan eksternal)